Rabu, 24 Juli 2013

LKTI SMK Negeri 1 Kabaena


Karya Tulis Ilmiah

GREEN CONSTRUCTION
BANGUNAN SEKOLAH ANDAL DAN RAMAH LINGKUNGAN


Tema : Bangunan Gedungku Andal





Diajukan Oleh:
Nur Ilmi Aulia Ahlan
NISN. 9960687647






SMK NEGERI 1 KABAENA
KECAMATAN KABAENA BARAT
KABUPATEN BOMBANA
2012





GREEN CONSTRUCTION
BANGUNAN SEKOLAH ANDAL DAN RAMAH LINGKUNGAN


Nur Ilmi Aulia Ahlan
NISN. 9960687647
Jurusan Geologi Pertambangan
Guru Pembimbing
Ahmad Zubair, ST
Jurusan Geologi Pertambangan

A B S T R A K

Bangunan gedung merupakan salah satu wujud fisik pemanfaatan ruang. Oleh karena itu dalam pengaturan bangunan gedung tetap mengacu pada pengaturan penataan ruang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung, setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung, Demikian pula dalam mendirikan sebuah sekolah diperlukan perencanaan yang fisibel (layak) sebagai hasil penelitian atau survey yang teliti terutama untuk memperoleh lokasi yang tepat. Pembangunan gedung sekolah selain mempertimbangkan aspek kependudukan harus juga mempertimbangkan situasi lingkungan, kondisi tanah, pendapat masyarakat, kemungkinan berkomunikasi dengan sumber-sumber kependidikan di lingkungan sekitar yang sesuai dengan kurikulum/program yang akan dilaksanakan menuju konsep Green School. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep keandalan sistem struktur dan karakteriristik model arsitektur bangunan sekolah ramah lingkungan di Kecamatan Kabaena Barat Kabupaten Bombana.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data dan gambar perencanaan atau foto bangunan sekolah di wilayah Kecamatan Kabaena Barat untuk beberapa sekolah yang dipilih. Metode analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif, Analisis dilakukan  dengan meninjau kriteria sistem penilaian keandalan bangunan yang menggambarkan suatu fenomena dengan cara menelaah secara teratur-ketat, mengutamakan obyektivitas, dan dilakukan secara cermat. melalui pendekatan ini akan diperoleh tentang : (1) Deskripsi konsep keandalan sistem struktur bangunan sekolah. (2) Deskripsi karakteriristik model arsitektur bangunan sekolah ramah lingkungan.

Sesuai dengan hasil kajian analisis kondisi fisik struktur bangunan sekolah yang ada telah dibangun dengan pemahaman dan pengetahuan rancang bangun struktur yang benar, sehingga pada umumnya kondisi fisik super struktur bangunan cukup memenuhi syarat keamanan dan tingkat keandalan bangunan sesuai peraturan standar sarana dan prasarana sekolah. Tata ruang bangunan sekolah yang ada sebagian telah menerapkan konsep ramah lingkungan dengan criteria yang terbagi atas empat bagian yaitu: bagian atas, bagian tengah, bagian bawah, dan gaya hidup. Lay-out ruangan (tata ruang) yang telah tepat Penempatan ruang yang cermat dengan lay-out terbuka (open space) sehingga dapat menghasilkan kenyamanan visual dan kenyamanan thermal yang lebih baik.



Kata Kunci : Green School, Kualitatif, Keandalan





DAFTAR PUSTAKA


Anonim. 2009. Rehabilitasi & Pemeliharaan Bangunan Sipil Keandalan Bangunan. (Online).( http://mtrpbs.blogspot.com/, diakses 10 September 2012)


Dipohusodo, Istimawan. 1996. Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SK SNI T-15-1991-02. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 25/PRT/M/2007 tentang Pedoman Sertifikat Laik Fungsi Bangunan gedung.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 16/PRT/M/2010 Tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Berkala Bangunan Gedung.

Pemerintah Kota  Semarang. 2010. Pemeriksaan Keandalan dan Kelaikan Bangunan Gedung di Kota Semarang Tahun 2010.

Putra, Yulesta. 2004. Perencanaan Dengan Konsep Sustainable Building (Faktor Penting dalam Penerapan Sustainable Development) . Program Studi Arsitektur, Universitas Sumatra Utara. Penelitian tidak dipublikasikan.

Puslitbang PU. 2011. Kajian Kebutuhan Standar Bangunan Ramah Lingkungan (Green Building).

 

Pangestika, JW. 2012. Green Construction Gerakan Bangunan Ramah Lingkungan. (Online).( http://www.kompasiana.com/, diakses 10 September 2012)


 Peraturan  Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia  Nomor 40 Tahun 2008 Tentang  Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK).


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Zulkarnain. 2010. Tata Ruang Ramah Lingkungan (Online).(http://aszoel9arch.blogspot.com/tata-ruang-ramah-lingkungan.htm, diakses 10 September 2012)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar