Karya Tulis Ilmiah
“GREEN CONSTRUCTION”
BANGUNAN SEKOLAH ANDAL DAN
RAMAH LINGKUNGAN
Tema : Bangunan Gedungku
Andal
Diajukan Oleh:
Nur Ilmi Aulia Ahlan
NISN. 9960687647
SMK NEGERI 1 KABAENA
KECAMATAN KABAENA BARAT
KABUPATEN BOMBANA
2012
“GREEN
CONSTRUCTION”
BANGUNAN SEKOLAH ANDAL DAN RAMAH LINGKUNGAN
Nur
Ilmi Aulia Ahlan
NISN. 9960687647
Jurusan Geologi
Pertambangan
|
Guru Pembimbing
Ahmad Zubair, ST
Jurusan Geologi
Pertambangan
|
A B S T R A K
Bangunan
gedung merupakan salah satu wujud fisik pemanfaatan ruang. Oleh karena itu
dalam pengaturan bangunan gedung tetap mengacu pada pengaturan penataan ruang
sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menjamin kepastian dan
ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung, setiap bangunan gedung
harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung, Demikian
pula dalam mendirikan sebuah sekolah diperlukan perencanaan yang fisibel
(layak) sebagai hasil penelitian atau survey yang teliti terutama untuk
memperoleh lokasi yang tepat. Pembangunan gedung sekolah selain mempertimbangkan
aspek kependudukan harus juga mempertimbangkan situasi lingkungan, kondisi
tanah, pendapat masyarakat, kemungkinan berkomunikasi dengan sumber-sumber
kependidikan di lingkungan sekitar yang sesuai dengan kurikulum/program yang
akan dilaksanakan menuju konsep Green School. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana konsep keandalan
sistem struktur dan karakteriristik model arsitektur bangunan sekolah ramah
lingkungan di Kecamatan Kabaena Barat Kabupaten Bombana.
Penelitian
ini dilakukan dengan mengambil data dan gambar perencanaan atau foto bangunan
sekolah di wilayah Kecamatan Kabaena Barat untuk beberapa sekolah yang dipilih.
Metode analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif, Analisis dilakukan
dengan meninjau kriteria sistem penilaian keandalan bangunan yang
menggambarkan suatu fenomena dengan cara menelaah secara teratur-ketat,
mengutamakan obyektivitas, dan dilakukan secara cermat. melalui pendekatan ini
akan diperoleh tentang : (1) Deskripsi konsep keandalan sistem struktur
bangunan sekolah. (2) Deskripsi karakteriristik model arsitektur bangunan
sekolah ramah lingkungan.
Sesuai
dengan hasil kajian analisis kondisi fisik struktur bangunan sekolah yang ada
telah dibangun dengan pemahaman dan pengetahuan rancang bangun struktur yang
benar, sehingga pada umumnya kondisi fisik super struktur bangunan cukup
memenuhi syarat keamanan dan tingkat keandalan bangunan sesuai peraturan
standar sarana dan prasarana sekolah. Tata ruang bangunan sekolah yang ada
sebagian telah menerapkan konsep ramah lingkungan dengan criteria yang terbagi
atas empat bagian yaitu: bagian atas, bagian tengah, bagian bawah, dan gaya
hidup. Lay-out ruangan (tata ruang) yang telah tepat Penempatan ruang yang
cermat dengan lay-out terbuka (open space)
sehingga dapat menghasilkan kenyamanan visual dan kenyamanan thermal yang lebih
baik.
Kata Kunci : Green
School, Kualitatif, Keandalan
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2009. Rehabilitasi & Pemeliharaan Bangunan Sipil Keandalan Bangunan. (Online).( http://mtrpbs.blogspot.com/, diakses 10 September 2012)
Dipohusodo,
Istimawan. 1996. Struktur Beton Bertulang
Berdasarkan SK SNI T-15-1991-02. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 25/PRT/M/2007
tentang Pedoman Sertifikat Laik Fungsi
Bangunan gedung.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 16/PRT/M/2010 Tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Berkala Bangunan
Gedung.
Pemerintah
Kota Semarang. 2010.
Pemeriksaan Keandalan dan Kelaikan Bangunan Gedung di Kota Semarang Tahun 2010.
Putra,
Yulesta. 2004.
Perencanaan
Dengan Konsep Sustainable Building (Faktor Penting dalam Penerapan
Sustainable Development) . Program
Studi Arsitektur, Universitas
Sumatra Utara. Penelitian tidak dipublikasikan.
Puslitbang PU. 2011. Kajian Kebutuhan Standar Bangunan Ramah Lingkungan (Green Building).
Pangestika, JW. 2012. Green Construction Gerakan Bangunan Ramah Lingkungan. (Online).( http://www.kompasiana.com/, diakses 10 September 2012)
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah
Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar
Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah
Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan
Gedung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009
Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan
Lingkungan Hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar