PROPOSAL USB SMK NEGERI 1
KABAENA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pemerintah
Pusat, melalui Kementerian Pendidikan Nasional, telah mencanangkan Program
Pembangunan Nasional di bidang Pendidikan yang diarahkan untuk pemerataan dan
perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing,
penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik. Tujuannya agar
dapat meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan pendidikan menengah yang bermutu dan terjangkau bagi semua
penduduk, melalui pendidikan formal yaitu SMA, SMK, MA, MAK atau bentuk lain
yang sederajat.
Pemerataan
pendidikan masih merupakan salah satu permasalahan pokok pendidikan di negara
kita. Padahal pendidikan sebagai wahana untuk memajukan bangsa dan kebudayaan
nasional. Pendidikan dapat menunjang penyediaan sumber daya manusia unggul
untuk pembangunan nasional. Bahwa dua dari tiga misi pembangunan nasional,
yaitu 1) Mewujudkan masyarakat yang adil dan demokratis, 2) Mewujudkan
masyarakat yang sejahtera. Pemerataan
pendidikan ke seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Bombana (khususnya Pulau Kabaena), adalah salah satu
manifestasi rasa keadilan dalam pembangunan di bidang pendidikan. Begitupun
upaya perwujudan masyarakat sejahtera, hanya dapat dilakukan melalui pemberdayaan
ekonomi dan pemberdayaan manusia, yang tidak lain adalah pemberdayaan pendidikan manusia itu sendiri. Pemerataan pendidikan
menengah (Wajib Belajar 12 tahun) seperti yang dicanangkan pemerintah masih
terbilang rendah di wilayah Pulau Kabaena untuk pendidikan kejuruan, disebabkan belum adanya SMK Negeri yang
didirikan. Ketersediaan sumber daya alam di bidang peternakan (lahan
penggembalaan sapi yang luas), hasil perikanan (rumput laut) tidak ditunjang oleh SDM terdidik dan
berkompetensi keahlian. Sebagian besar penduduk dengan usia produktif di
wilayah ini berpendidikan rendah dan berstatus pengangguran.
Permasalahan
pokok berikutnya, mengenai peningkatan mutu pendidikan, merupakan sesuatu yang
bersifat urgen dan mendesak. Pendidikan diharapkan menghasilkan SDM unggul,
cerdas, terbuka, dan siap bersaing di era IPTEK global baik secara mandiri
(berwirausaha) maupun berkarya di Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di). Sangat
wajar jika pemerintah menargetkan proporsi SMK : SMA hingga 2014 adalah 60:40.
SMK merupakan solusi cerdas peningkatan mutu pendidikan menengah terutama
untuk kebutuhan pembangunan daerah. Sebagai gambaran, setiap tahun SMA dan MA
di wilayah Kabaena menghasilkan lulusan mencapai 500 orang. Permasalahan yang
timbul kemudian, hanya 30% lulusan yang berkompetensi akademik tingkat sedang
dan siap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sedangkan 70% lulusan
berkompetensi akademik dan kejuruan tingkat rendah, kebingungan (hilang arah),
ditambah lagi permasalahan ekonomi keluarga, sehingga siap menjadi pengangguran
di usia produktif. Sebenarnya, ketersediaan tenaga ahli di bidang peternakan
dan perikanan memenuhi syarat untuk kebutuhan tenaga pendidik SMK, namun perlu
dilakukan koordinasi hingga realisasi pendirian SMK Negeri 1 Kabaena.
Permasalahan
berikut, tentang relevansi pendidikan, menjadi hal yang sudah lumrah di negara
kita. Padahal setiap daerah memiliki keunggulan dan potensi yang khas. Begitu
pun program pembangunan masing-masing. Lulusan sekolah menengah diharapkan
dapat mengisi semua sektor pembangunan yang beraneka ragam, seperti sektor
produksi dan sektor jasa. Untuk menciptakan link
and match antara luaran pendidikan dengan program pembangunan daerah dan
Du/Di, keberadaan SMK merupakan alasan tepat dan tidak dapat ditawar lagi. SMK
Negeri 1 Kabaena diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mengisi kekurangan
tenaga kerja terampil di bidang peternakan sapi dan unggas (ayam buras); sentra
dan budidaya rumput laut dan hasil laut lainnya.
Fakta dan
alasan-alasan logis di atas menyadarkan masyarakat dan Du/Di di wilayah Kabaena
akan pentingnya keberadaan sebuah lembaga pendidikan kejuruan yang unggul.
Apalagi stakeholder di wilayah ini memberikan dukungan penuh terutama
penyediaan lahan pembangunan sekolah, kemudahan administrasi dalam birokrasi,
dan himbauan kepada masyarakat dan Du/Di dalam hal penyediaan dana pendamping.
Melalui program Kemitraan, Sekolah Tinggi Teknologi Peternakan yang tersebar di
seluruh wilayah Indonesia akan memberikan kesempatan kepada alumni SMKN 1 Kabaena
untuk mengisi kuota Penerimaan Mahasiswa Baru setiap tahunnya. Dukungan besar
juga datang dari Kepala SMP/MTs se-wilayah pulau Kabaena yang siap mengarahkan
lulusan untuk mengikuti jenjang lanjutan pendidikan menengah, terutama pada
SMK.
B. VISI MISI SMK NEGERI 1 KABAENA
1.
Visi
Menjadi sekolah unggulan berwawasan global –
sosioekologis, kreatif – inovatif, cerdas berkarya untuk daerah melalui Dunia
Usaha/Dunia Industri berlandaskan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Misi
a.
Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa
b.
Menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik dan kejuruan berstandar
nasional/internasional
c.
Menghasilkan lulusan yang high-recommended
untuk Du/Di karena keunggulan komparatif dan kompetitif
d.
Melakukan adaptasi dan pengembangan IPTEK dunia untuk menunjang
pembangunan daerah
e.
Meningkatkan kualitas manajemen berbasis sekolah yang transparan dan
akuntabel
f.
Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui
Pendidikan dan Pelatihan
g.
Meningkatkan kemitraan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri untuk menunjang
kualitas Unit Produksi
h.
Menjaga kelestarian lingkungan melalui program Green-school/Green-ecology berbasis budaya dan kearifan lokal.
C. TUJUAN DAN SASARAN SMK NEGERI 1 KABAENA
a.
Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja
mandiri, disiplin kerja dan ibadah, mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia di
Du/Di, sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dari
program keahlian yang dipilihnya
b.
Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir sesuai bakat/minat,
ulet dan gigih dalam pembelajaran (belajar dan bekerja), mampu beradaptasi di
lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian
yang dipilihnya
c.
Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar
mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui
jenjang pendidikan yang lebih tinggi
d.
Membudayakan komunikasi berdasar rasa empati baik intra-sekolah maupun
dengan masyarakat
e.
Menanamkan rasa penghargaan dan rasa memiliki (sense of belonging)
terhadap sumber dan sarana pembelajaran, baik yang terdapat di lingkungan
sekolah maupun di alam sekitar.
BAB II
POTENSI DAN PROGRAM
YANG AKAN DIKEMBANGKAN
A. POTENSI KABUPATEN
Secara
geografis, kabupaten Bombana terletak di bagian selatan hingga barat propinsi
Sulawesi Tenggara. Di bagian utara berbatasan dengan kabupaten Kolaka dan
kabupaten Konawe, di bagian timur laut dengan kabupaten Konawe Selatan, di
bagian tenggara dengan kabupaten Muna, bagian selatan dengan laut Flores, dan
bagian barat dengan teluk Bone. Kabupaten Bombana terbagi ke dalam dua wilayah,
yaitu Bombana Daratan (Rumbia, Rarowatu, Poleang, Lantari Jaya dan sekitarnya)
dan Bombana Kepulauan (Pulau Kabaena). Ibu kota kabupaten, Kasipute, terletak
di kecamatan Rumbia Tengah.
Gambar 1. Peta Kabupaten Bombana
Bombana
Daratan memiliki potensi daerah berupa lahan pertanian dan peternakan yang
membentang luas di tiga wilayah Rarowatu, Poleang, Lantari Jaya dan sekitarnya.
Khusus di kecamatan Lantari Jaya mayoritas penduduknya adalah transmigran
dengan mata pencaharian utama di bidang pertanian. Hasil perikanan (perikanan
tangkap dan budidaya) kurang lebih merata di Bombana Daratan dan Kepulauan,
pulau Kabaena memproduksi sebagian besar komoditi rumput laut kabupaten
Bombana.
Sejak
dahulu, pulau Kabaena dikenal sebagai produsen ternak jenis Sapi,Kerbau, dan
Kuda ketika masih tergabung dalam wilayah Kabupaten Buton. Saat ini populasi
kerbau dan kuda telah mengalami penurunan drastis. Menurut data Badan Penyuluh
Peternakan Kecamatan Kabaena pada tahun 2009, jumlah populasi Kerbau 1.241
ekor, Kuda 1.480 ekor, Sapi 24.683 ekor, ayam buras 1.241.155 ekor. Terlihat
bahwa ternak jenis sapi dan ayam buras memiliki prospek ekonomi yang cukup
besar di masa mendatang. Apalagi ditunjang beberapa infrastruktur seperti
pelabuhan laut Sikeli (Kabaena Barat) dan Pising (Kabaena Utara) untuk jalur
perniagaan antar-pulau bahkan ekspor, lahan penggembalaan atau peternakan yang
cukup memadai (1200 ha) dengan lahan konsentrasi Kabaena Barat dan Utara, akses
dari- dan menuju lahan berupa jalan kabupaten (kondisi baik). Pada umumnya,
manajemen produksi ternak di wilayah ini masih bersifat tradisional. Pemberian
pakan belum memenuhi standar asupan nutrisi, yaitu konsumsi langsung dari alam.
Begitupun sistem perawatan kesehatan ternak masih terabaikan. Namun demikian,
lalu lintas perniagaan sapi ke luar wilayah Kabaena dikategorikan tinggi.
Sekitar 100 ekor sapi diperdagangkan per bulan melalui pelabuhan Sikeli dan
Pising. Terdapat empat jalur niaga ternak di wilayah Kabaena, yaitu Kabaena –
Kota Bau Bau, Kabaena – Makassar via Bulukumba, Kabaena Kendari via Kasipute,
dan Kabaena – Muna via Mawasangka. Pelabuhan Sikeli melayani angkutan laut
jenis Ferry yang beroperasi sekali seminggu dengan daerah tujuan Makassar dan
Tondasi ( kabupaten Muna). Dengan berdirinya SMKN 1 Kabaena yang direncanakan
memiliki Laboratorium Pakan dan Nutrisi Ternak; Laboratorium Kesehatan Ternak sebagai
pusat penelitian dan pengembangan serta pengendalian kualitas produksi ternak,
diharapkan populasi sapi dan ayam buras meningkat dua kali lipat dan
berkualitas ekspor. Dengan demikian diproyeksikan sekitar lima tahun ke depan
Pulau Kabaena menjadi daerah Swasembada Ternak jenis Sapi dan Unggas untuk
mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional.
Perairan
pulau Kabaena menyimpan kekayaan sumber daya hayati yang sangat melimpah.
Perairan Kabaena Utara dan Barat telah dimanfaatkan masyarakat lokal sebagai
lahan pembudidayaan rumput laut dan produk perikanan lainnya. Rumput laut telah
dikelola secara sederhana dan diperdagangkan ke Makassar untuk tujuan ekspor.
Nelayan tangkap dalam dan luar daerah beroperasi di sekitar perairan Kabaena
untuk memenuhi kebutuhan lauk kabupaten Bombana dan sekitarnya. Cakalang dan
Kerapu diperdagangkan antar-propinsi se-Indonesia. Komoditi potensial lainnya,
seperti Kima dan Kerang Laut dikembangkan oleh masyarakat pulau Sagori dan
Mataha (Kabaena Barat).
Kegiatan
perikanan yang cukup ramai ternyata menimbulkan masalah serius bagi lingkungan.
Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak menyebabkan berkurangnya vegetasi
karang yang nota bene adalah tempat berkembang biaknya ikan dan tumbuhan laut.
Diperlukan adanya penyadaran bagi masyarakat terutama masyarakat nelayan
tentang pentingnya kehidupan berwawasan sosio-ekologis. Begitupun abrasi pantai
yang berlangsung terus menerus akibat pengrusakan vegetasi mangrove di
sepanjang pantai Kabaena Barat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, yaitu
pemberdayaan peserta didik untuk membudidayakan vegetasi karang laut dan
mangrove sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.
B. PROGRAM KEAHLIAN YANG AKAN DIKEMBANGKAN
Melihat
potensi Kabupaten seperti yang telah diungkapkan, yaitu bidang peternakan dan
perikanan, maka SMK Negeri 1 Kabaena akan mengembangkan program keahlian :
1. Agribisnis Produksi Ternak
(Unit Peternakan Sapi dan Unggas)
2. Agribisnis Produksi Sumber Daya Perairan
(Unit Pengolahan rumput laut kualitas ekspor)
BAB III
PERSIAPAN PENGEMBANGAN
USB SMK NEGERI 1 KABAENA
A. LOKASI
a) Umum
Lokasi SMK Negeri 1 Kabaena terletak di desa
Baliara, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Propinsi Sulawesi
Tenggara. SMK Negeri 1 Kabaena berada dalam kompleks Perkantoran Pemerintah dan
lahan peternakan; di sebelah timur, utara dan selatan berbatasan dengan tanah
kas desa. Lokasi pembangunan juga berada dekat dengan pantai yang merupakan
lahan pembudidayaan rumput laut.
b) Teknis
1.
Kontur tanah agak bergelombang pada areal perbukitan.
2.
Daya dukung tanah cukup baik, kategori bebas erosi, berprofil tanah liat.
3.
Ketinggian sekitar 27 meter dari permukaan laut
4.
Bebas gangguan alam (banjir, gempa, polusi)
c) Fasilitas Lingkungan
1.
Tersedia jaringan listrik
2.
Tersedia transport lingkungan
3.
Tersedia jaringan air bersih
4.
Tersedia jaringan telepon seluler
B. KESIAPAN INFRASTRUKTUR
Praktek
Budidaya Rumput Laut didukung dengan tersedianya lahan di sepanjang perairan
Kabaena Barat yang berada dekat dengan lokasi pembangunan. Tersedia lahan
peternakan yang cukup memadai untuk Unit Usaha (sekitar 1200 ha), sedangkan
lahan praktek sekitar 2 ha. Untuk pemasaran hasil peternakan dan perikanan ke
luar pulau Kabaena, tersedia Pelabuhan Sikeli (sekitar 800 meter dari lokasi)
dan pelabuhan Pising (Kabaena Utara) yang menghubungkan Kabaena dengan 4 jalur
utama niaga Kota Bau-Bau, Kota Makassar via Bulukumba, Kota Kendari via
Kasipute, dan pulau Muna.
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Untuk tahun
pelajaran 2010/2011, jumlah lulusan SLTP/MTs pendukung diperkirakan 589 orang
dengan rincian sebagai berikut :
No
|
NAMA SEKOLAH
|
JUMLAH SISWA
|
ALAMAT SEKOLAH
|
||
KELAS IX
|
KELAS
VII dan VIII
|
TOTAL
|
|||
1
|
SMPN 2 Kabaena
|
65
|
133
|
198
|
Kabaena Barat
|
2
|
MTs Swasta Baliara
|
70
|
162
|
232
|
Kabaena Barat
|
3
|
SMP Satap Neg.1 Kab. Barat
|
20
|
44
|
64
|
Kabaena Barat
|
4
|
SMP Satap Neg.2 Kab. Barat
|
16
|
29
|
45
|
Kabaena Barat
|
5
|
SMP Satap Neg.3 Kab. Barat
|
17
|
19
|
36
|
Kabaena Barat
|
6
|
SMPN 4 Kabaena
|
43
|
80
|
123
|
Kabaena Utara
|
7
|
SMPN 5 Kabaena
|
25
|
49
|
74
|
Kabaena Utara
|
8
|
SMPN 1 Kabaena
|
23
|
49
|
72
|
Kabaena
|
9
|
SMPN Satap Rahadopi
|
6
|
11
|
17
|
Kabaena
|
10
|
MTsN 1 Kabaena
|
28
|
56
|
84
|
Kabaena
|
11
|
MTsN 2 Kabaena
|
20
|
34
|
54
|
Kabaena
|
12
|
SMPN 3 Kabaena
|
40
|
80
|
120
|
Kabaena Selatan
|
13
|
SMPN 1 Kabaena Timur
|
68
|
117
|
185
|
Kabaena Timur
|
14
|
MTsN Kabaena Timur
|
88
|
165
|
253
|
Kabaena Timur
|
15
|
SMPN 2 Kabaena Timur
|
42
|
88
|
130
|
Kabaena Tengah
|
16
|
SMP Satap Neg.1 Kab. Tengah
|
15
|
20
|
35
|
Kabaena Tengah
|
17
|
SMP Satap Negeri Tangkeno
|
-
|
13
|
13
|
Kabaena Tengah
|
|
JUMLAH
|
589
|
1.146
|
1.735
|
|
Di pulau
Kabaena hanya terdapat 2 SLTA, yaitu SMAN 1 Kabaena (kecamatan Kabaena Barat)
dan SMAN 1 Kabaena Timur, serta 1 MA yaitu MAN 1 Kabaena (kecamatan Kabaena).
Daya tampung SMAN 1 Kabaena dan SMAN 1 Kabaena Timur masing-masing sekitar 105 orang untuk 3 kelas, dan MAN 1 Kabaena 70 orang untuk 2 kelas (peminat 40 orang). Sisanya 339 lulusan SLTP/MTs memperebutkan
kursi di 2 SLTA. Akibatnya pihak sekolah penerima siswa baru memberlakukan
sistem double-shift (belajar
pagi-sore) yang tentu saja sangat melelahkan bagi tenaga pendidik dan
kependidikan. Sedangkan bagi siswa, pembelajaran menjadi kurang efektif dan terkesan
sebagai formalitas belaka.
Untuk tahun
pelajaran 2011/2012, SMK Negeri 1 Kabaena diproyeksikan menerima 150 siswa baru (angkatan pertama) untuk
2 program keahlian. Untuk tahun-tahun berikutnya, diperkirakan setiap Program
Keahlian menerima 80 hingga 100 siswa baru.
D. DUKUNGAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT
Pemerintah
Daerah, melalui Pemerintah Kecamatan, memberikan dukungan penuh terutama
penyediaan lahan pembangunan sekolah, kemudahan administrasi dalam birokrasi,
dan himbauan kepada masyarakat dan Du/Di dalam hal penyediaan dana pendamping.
Melalui program Kemitraan, Sekolah Tinggi Teknologi Peternakan yang tersebar di
seluruh wilayah Indonesia akan memberikan kesempatan kepada alumni SMKN 1
Kabaena untuk mengisi kuota Penerimaan Mahasiswa Baru setiap tahunnya. Dukungan
besar juga datang dari Kepala SMP/MTs se-wilayah pulau Kabaena yang siap
mengarahkan lulusan untuk mengikuti jenjang lanjutan pendidikan menengah, salah
satunya SMK.
Selamat sore, Assalamu'alaikum, Kami Dari Kalimantan, Sehubungan kami ada rencana mengusulkan USB di Kabupaten Kami, maka dari itu Minta tolong Kepada Bapak/Ibu di SMKN 04 Bombana mengirim softcopy contoh Proposal USB ke email : muhammadhusaini10081986@gmail.com. atau disdikkabhsu@yahoo.co.id. Terima Kasih.
BalasHapusSelamat sore, Assalamu'alaikum, Kami Dari Kalimantan, Sehubungan kami ada rencana mengusulkan USB di Kabupaten Kami, maka dari itu Minta tolong Kepada Bapak/Ibu di SMKN 04 Bombana mengirim softcopy contoh Proposal USB ke email : muhammadhusaini10081986@gmail.com. atau disdikkabhsu@yahoo.co.id. Terima Kasih.
BalasHapusKISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS
BalasHapusAssalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....
Bisa diunduh ka?
BalasHapusAssalamualaikum,wr.wb.sehubungan dengan keinginan kami untuk megajukan usb sekolah SMK NENGERI 2 desa Muara Emburung. Maka dengan ini kami mohon agar bapak ibu di SMA negeri kabaena dapat mengirimkan sofcopy proposal USB tersebut,
BalasHapus